Kemasan : Pengertian, Informasi dan Fakta Menarik Yang Ada Pada Kemasan

Tuesday, May 22nd 2018.

Kemasan

Kemasan adalah salah satu media atau objek yang sering di gunakan sebagai tempat penyimpanan ataupun media pembungkus dengan tujuan agar terlihat lebih rapih, lebih aman dan praktis. Pada zaman modern sekarang ini, packaging sendiri sering kita temui di dalam kehidupan sehari-hari. Kemasan sendiri bisa tampil dalam berbagai macam bentuk dan model, kesemuanya tentu sangat tergantung dengan material apa kemasan tersebut di buat.

kemasan

Dari penjabaran singkat di atas mengenai pengertian kemasan, maka tak lengkap rasanya jika kita tidak coba memahami mengenai tujuan dari di buatnya kemasan. Hal ini tentunya penting mengingat betapa vitalnya fungsi packaging dalam kebutuhan kita sehari-hari.

Menurut Louw dan Kimber (2007), kemasan dan pelabelan kemasan mempunyai beberapa tujuan, yaitu:

  1. Physical Production. Melindungi objek dari suhu, getaran, guncangan, tekanan dan sebagainya.
  2. Barrier Protection. Melindungi dari hambatan oksigen uap air, debu, dan sebagainya.
  3. Containment or Agglomeration. Benda-benda kecil biasanya dikelompokkan bersama dalam satu paket untuk efisiensi transportasi dan penanganan.
  4. Information Transmission. Informasi tentang cara menggunakan transportasi, daur ulang, atau membuang paket produk yang sering terdapat pada kemasan atau label.
  5. Reducing Theft. Kemasan yang tidak dapat ditutup kembali atau akan rusak secara fisik (menunjukkan tanda-tanda pembukaan) sangat membantu dalam pencegahan pencurian. Paket juga termasuk memberikan kesempatan sebagai perangkat anti-pencurian.
  6. Convenience. Fitur yang menambah kenyamanan dalam distribusi, penanganan, penjualan, tampilan, pembukaan, kembali penutup, penggunaan dan digunakan kembali.
  7. Marketing. Kemasan dan label dapat digunakan oleh pemasar untuk mendorong calon pembeli untuk membeli produk.

Kemasan pun di bagi kedalam beberapa jenis menurut fungsi dan kebutuhannya

  • Kemasan Primer : jenis kemasan ini bisa dibilang yang cukup vital untuk sisi perlindungan dan keamanan isi produk, karena material packaging ini akan bersentuhan langsung dengan isi dari kemasna itu sendiri
  • Kemasan Sekunder : merupakan jenis kemasan pelapis dari kemasan primer, bisa dibilang semacam proteksi tambahan agar kemasan primer tidak mudah rusak dan bersentuhan langsung dengan objek dari luar.
  • Kemasan Tersier / Quarter : adalah jenis kemasan tambahan yang dimana kehadirannya cukup penting dan bisa melengkapi dari kedua jenis kemasan di atas. Kemasan¬† tersier / quarter secara fungsional memiliki tugas cukup berat yakni melindungi produk yang telah di kemas selama dalam masa pengangkutan dimana umumnya kerap bersentuhan dan merasakan lansung gangguan dari lingkungan sekitar.

Kemasan juga di bedakan kedalam frekuensi pemakaian lho, :

  • Multi Trip : kemasan jenis ini pada umumnya tidak di anjurkan untuk di buang, namun bisa di manfaatkan kembali untuk proses jual beli alias tukar tambah, bisa juga di gunakan untuk kebutuhan lagin sehabis isi dari kemasan nya habis. Contoh, botol minuman, botol kecap,dll
  • Kemasan Semi Disposable : untuk kemasan yang satu ini bisa dibilang hampir sama dengan kemasan multi trip, namun yang membedakan kita tidak dapat menukar tambah kemasan ini lagi di toko. Tapi kabar bagusnya kita bisa menggunakan sebagai mendia penyimpanan lain, contoh :¬† kaleng biskut / tempat makanan.
  • Kemasan Disposable : inilah salah satu jenis kemasan yang paling banyak mencemari lingkungan. Di karenakan sifatnya hanya sekali pakai, maka kemasan ini ada baiknya langsung di buang begitu selesai di gunakan. Sayangnya keberadaan limbah plastik di seluruh dunia sebagian besar di hasilkan oleh limbah plastik disposable.

Tips Memilih Kemasan.

Memilih jenis kemasan yang sesuai dengan isi kemasan tentunya terdiri dari 2 faktor penting yang paling menentukan. Yakni dari sisi fungsionalitas dan Tujuan, Yuk kita bahas satu persatu mengenai kedua fakta menarik tersebut

Fungsi

Ada 2 fungsi dasar pada kemasan yang harus anda ketahui sebelum anda menimbang, kemasan apa yang cocok di gunakan untuk menunjang kebutuhan anda. Yang pertama

Fungsi Protektif.

Pada bagian ini anda harus memikirkan dengan matang dan seksama, apakah fungsi protektif pada kemasan yang anda inginkan sudang menunjang kebutuhan yang anda inginkan. Sebagai contoh, jika anda memproduksi jenis bahan makanan segar seperti Frozen Food ataupun jenis bahan pangan mentah lainnya. Maka plastik makanan apakah yang anda pilih?

harga kemasan

Jawabannya cukup simple, yakni kemasan Plastik Kemasan Vacuum..mengapa?? karena dari sisi protektifitas, kemasan vacuum ini sangat bisa di andalkan. Kemasan plastik vacuum mempunyai keunggulan dalam hal kekuatan,ketahan terhadap suhu, dan sifatnya fleksibel. Oleh karenanya plastik vacuum memang lebih cocok di gunakan mengemas bahan makanan segar ketimbang plastik kiloan yang di jual di toko kelontong.

Fungsi Promosional

Memilih jenis kemasan yang tepat pun biasana tidak jauh dari pertimbangan sisi promosional atau marketing product. Kita tentunya tak bisa membantah bahwasanya packaging yang kita gunakan akan mempunyai pengaruh besar dalam menentukan minat dan impresi calon konsumen.

Mengapa demikian? Analoginya cukup sederhana, kemasan merupakan representasi paling awal dari setiap produk yang di tawarkan.

Oleh karenanya apabila kemasan yang anda pilih tidak menggambarkan dengan baik tentang isi produk yang anda jual , maka sudah di pastikan hal tersebut akan berakibat fatal terhadap impresi awal calon konsumen.

Di kutip dari Kotler, kemasan yang baik dari sisi marketing dan promosi mempunyai 4 element vital yang tak bisa di pisahkan.

  1. Self service. Kemasan semakin berfungsi lebih banyak lagi dalam proses penjualan, dimana kemasan harus menarik, menyebutkan ciri-ciri produk, meyakinkan konsumen dan memberi kesan menyeluruh yang mendukung produk.
  2. Consumer offluence. Konsumen bersedia membayar lebih mahal bagi kemudahan, penampilan, ketergantungan dan prestise dari packaging yang lebih baik.
  3. Company and brand image. Perusahaan mengenal baik kekuatan yang dikandung dari kemasan yang dirancang dengan cermat dalam mempercepat konsumen mengenali perusahaan atau merek produk.
  4. Inovational opportunity. Cara kemasan yang inovatif akan bermanfaat bagi konsumen dan juga memberi keuntungan bagi produsen.

Namun jika kita mau menyederhanakan hal di atas, maka ada 2 hal yang cukup berperan terhadap kesuksesan dari metode promosional by packaging ini. Pertama adalah soal Design, dan kedua adalah Inforrmative Content. Kedua hal ini tentu saja sangat mempengaruhi minat dan trust calon pembeli, walaupun mereka tidak pernah sekalipun membeli produk anda.

Fungsi lain

Nah selain kedua fungsi penting di atas, Plastik kemasan sendiri juga mempunyai fungsi lain yang gak kalah penting dan patut anda ketahui.

  1. Kemasan melindungi produk dalam pergerakan. Salah satu fungsi dasar kemasan adalah untuk mengurangi terjadinya kehancuran, busuk, atau kehilangan melalui pencurian atau kesalahan penempatan.
  2. Kemasan memberikan cara yang menarik untuk menarik perhatian kepada sebuah produk dan memperkuat citra produk.
  3. Kombinasi dari keduanya, marketing dan Logistik dimana kemasan menjual produk dengan menarik perhatian dan mengkomunikasikannya.

Jadi jika di tinjau dari beragam aspek, ternyata packaging itu gak hanya sekedar membungkus, melindungi serta membuat segala sesuatunya jadi lebih praktis serta menarik. Tetapi kemasan bisa membuat isi dan image dari brand yang di usung juga meningkat dan memberikan nilai tambah tersendiri.

Oleh karenanya, jika anda termasuk seorang pebisnis di bidang industry produksi barang jadi atau makanan, maka bisa dibilang fungsi sebuah plastik kemasan sangat vital untuk anda biarkan begitu saja. Oke semoga artikel dari Tokomesin.id ini berguna untuk anda

Produk terbaru

Rp 200.000
Order Sekarang » SMS : 0877-6008-6000
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMesin Press Plastik
Harga Rp 200.000
Lihat Detail
Rp 7.000.000 8.500.000
Order Sekarang » SMS : 0877-6008-6000
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMixer Roti
Harga Rp 7.000.000 8.500.000
Anda HematRp 1.500.000 (17.65%)
Lihat Detail
Rp 2.300.000 2.700.000
Order Sekarang » SMS : 0877-6008-6000
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMesin Mie
Harga Rp 2.300.000 2.700.000
Anda HematRp 400.000 (14.81%)
Lihat Detail
Rp 3.700.000 4.500.000
Order Sekarang » SMS : 0877-6008-6000
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMesin Bakso
Harga Rp 3.700.000 4.500.000
Anda HematRp 800.000 (17.78%)
Lihat Detail
Rp 14.300.000 17.000.000
Order Sekarang » SMS : 0877-6008-6000
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangVacuum Frying
Harga Rp 14.300.000 17.000.000
Anda HematRp 2.700.000 (15.88%)
Lihat Detail
Rp 2.100.000 2.500.000
Order Sekarang » SMS : 0877-6008-6000
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSpinner Peniris Minyak
Harga Rp 2.100.000 2.500.000
Anda HematRp 400.000 (16.00%)
Lihat Detail
Rp 240.000 290.000
Order Sekarang » SMS : 0877-6008-6000
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangHand Sealer
Harga Rp 240.000 290.000
Anda HematRp 50.000 (17.24%)
Lihat Detail
Rp 3.800.000 4.900.000
Order Sekarang » SMS : 0877-6008-6000
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangContinuous Sealer
Harga Rp 3.800.000 4.900.000
Anda HematRp 1.100.000 (22.45%)
Lihat Detail

Hubungi Kami

HOTLINE : 0877 6008 6000

Whatsapp : 0877 6008 6000

Phone : (021) 6230 7388

Email : tokomesinjakarta@gmail.com