Tim kami akan dengan senang hati menjawab pertanyaan anda

Kegunaan Mesin Vakum Makanan

Kegunaan Mesin Vakum Makanan

Jika selama ini kita mengenal kegunaan mesin vakum sebagai vacuum cleaner atau penyedot debu di dalam rumah, sebenarnya masih ada lagi satu varian mesin dengan nama vakum pula. Ya, vakum yang satu ini tidak digunakan untuk membersihkan lantai dan karpet dari debu yang menempel, melainkan digunakan dalam industri makanan. Diberi nama vacuum atau vakum karena memang cara kerjanya adalah dengan cara menyedot atau menghisap. Bukan debu yang disedot, melainkan udara. Lebih tepatnya lagi, udara yang ada di dalam kantong plastik pembungkus makanan. Mesin ini kadang dilengkapi pula dengan penyegel atau sealer sehingga sering pula disebut vacuum sealer.

kegunaan mesin vakum

Pelaku industri makanan baik home industry maupun di perusahaan berskala besar tentunya sudah tidak asing dengan mesin yang satu ini. Tentu saja, karena dengan adanya mesin vakum akan sangat membantu pekerjaan dalam bidang pengemasan produk. Penggunaan mesin ini terutama penting untuk menjaga kehigienisan serta kualitas dari makanan dalam kemasan plastik. Beberapa jenis makanan yang dalam pengemasannya menggunakan mesin penyedot udara ini umumnya berupa frozen food atau makanan beku semisal sosis, daging sapi, daging ayam, daging ham untuk isi burger, nugget, dan lain-lain. Keberadaan mesin ini menjawab kebutuhan industri akan pengemasan yang baik dan berkualitas serta dapat menambah awet makanan yang disimpan hingga empat kali lipat.

Cara kerja mesin vakum ini cukup sederhana. Pertama, seluruh udara yang ada dalam kantong plastik yang sudah berisi bahan makanan beku akan disedot sampai habis. Setelah selesai, mesin akan melanjutkan pekerjaannya dengan menyegel kemasan supaya tidak ada lagi udara yang masuk ataupun keluar dari kemasan. Kenapa udara dalam kemasan harus disedot? Rupaya, adanya udara dalam kemasan plastik bisa menyebabkan sebuah proses bernama dioksidasi yang bisa membuat makanan menjadi tidak tahan lama sebagai akibat dari tumbuhnya bakteri. Makanan yang tidak tahan lama ini bisa kadaluwarsa sebelum waktunya sehingga kualitasnya menurun. Imbasnya, produsen bisa merugi karena produk tidak laku.

Pentingnya mesin vakum membuat produsen frozen food hampir pasti memilikinya dalam pabrik masing-masing. Terutama karena pekerjaan untuk meyedot udara dalam kemasan plastik tidak bisa dilakukan dengan tangan kosong tanpa bantuan mesin. Jika bisa, pastinya akan dibutuhkan waktu yang sangat lama dan hasilnya belum tentu bisa sebaik hasil seperti yang dikerjakan oleh mesin. Menyediakan unit mesin ini dalam sebuah usaha makanan beku adalah investasi. Harga yang terbilang mahal tidak akan jadi masalah jika mengingat kegunaannya yang mampu mempercepat proses pengemasan di samping menjamin produk makanan tetap segar. Bahkan, beberapa mesin sedot ini tersedia dalam ukuran kecil sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

 

Tag: mesin vakum, mesin kemasan

Share This Post