Tim kami akan dengan senang hati menjawab pertanyaan anda

Mengenal Mesin Vakum Makanan Macamnya

Mengenal Mesin Vakum Makanan Macamnya

Jika selama ini kita mengenal mesin vakum sebagai mesin penyedot debu untuk membersihkan lantai serta karpet, maka sebenarnya ini salah. Ada pula jenis vakum yang digunakan sebagai mesin makanan. Dinamai vakum karena cara kerja mesin-mesin ini memang dengan cara memvakum alias menyedot udara sehingga dinamai mesin vacuum atau vakum. Ada beberapa macam mesin makanan yang menggunakan vakum pada cara kerjanya. Mesin-mesin ini akan dengan mudah kita temui pada industri makanan beku atau frozen food seperti nugget, daging ayam, daging sapi, bakso, dan lain-lain yang menggunakan kemasan plastik sehingga lebih tahan lama. Varian lain dari mesin ini dipakai untuk menggoreng buah serta sayur.

mengenal mesin vakum makanan 2

Jenis mesin vakum makanan yang pertama adalah vakum sealer. Diberi nama demikian karena mesin ini tidak hanya melakukan vakum atau penyedotan namun juga sealing atau penyegelan. Cara kerjanya sederhana. Mesin ini akan menyedot udara yang ada dalam kemasan plastik kemudian menyegelnya supaya tidak ada lagi udara yang masuk. Udara yang berada dalam kemasan berpotensi menyebabkan proses dioksidasi yang mampu membuat kualitas makanan menurun. Karena itulah mesin ini sering digunakan dalam produksi makanan beku, lebih tepatnya dalam proses pengemasan serta penyegelan. Vakum sealer tersedia pula dalam varian yang lebih kecil untuk penggunaan sehari-hari di rumah tangga.

Kemudian ada pula mesin vakum bernama vakum frying. Sesuai namanya, mesin ini sebenarnya merupakan sebuah mesin penggorengan. Namun, cara menggorengnya tentu saja berbeda dengan penggorengan konvensional pada umumnya. Vakum frying menggoreng buah serta sayur dalam suhu yang lebih rendah dengan cara menyedot tekanan yang ada pada tabung penggorengan tersebut. Cara ini mampu menghasilkan gorengan buah serta sayur dengan bentuk akhir seperti keripik. Vakum frying terutama biasa digunakan pada industri makanan yang mengkhususkan produknya pada camilan sehat sehari-hari seperti keripik buah. Hasil penggorengan buah ini tidak akan merubah warna serta rasa asli buah. Penggunaan mesin ini harus disertai dengan daya listrik yang memadai.

Namun, perlu untuk diperhatikan pula bahwa mesin-mesin di atas membutuhkan perawatan baik perawatan umum maupun perawatan rutin untuk menjaga kebersihan alat hingga supaya alatnya tidak cepat rusak. Pembersihan secara menyeluruh ini perlu dilakukan setelah pemakaian selama beberapa hari atau minggu untuk menghindarkan alat dari kerak atau karat yang mungkin menempel. Selain itu, pembersihan juga untuk memastikan mesin vakum akan terus berjalan dengan baik tanpa halangan. Sebaiknya, jangan menunggu sampai mesin menjadi sangat kotor baru dibersihkan. Ikuti petunjuk pembersihan yang terdapat dalam buku petunjuk atau toko tempat membeli supaya mesin tetap terawat. Langkah-langkah perawatan yang benar akan membuat mesin awet dan tahan lama.

Demikian pembahasannya mengenal mesin vakum manakan macamnya lebih dekat agar anda memahami manfaatnya dan proses cara kerjanya dalam pengemasan industri makanan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Share This Post