Tim kami akan dengan senang hati menjawab pertanyaan anda

Mesin Press Plastik Dan Kemasan Yang Digolongkan Dalam Beberapa Hal

Mesin Press Plastik Dan Penggolongan Kemasan

Mesin Press Plastik seperti yang kita ketahui digunakan untuk merekatkan plastik kemasan dalam mengemas aneka jenis plastik dan aluminium foil. Press Plastik sendiri sebenarnya merupakan tehnik yang di lakukan untuk merekatkan dua belah plastik agar menjadi sambungan kemasan yang rekat sehingga isi kemasan bisa terlindung berada di dalamnya.

 mesin press

Mesin press plastik penggunaannya memang untuk pengemasan. Harga Mesin Press Plastik bisa di bilang ada yang mahal dan ada juga yang terjangkau tergantung dari ukuran dan fiturnya bila fiturnya hanya standart saja dan ukurannya kecil kemungkinan terjangkau harganya namun bila fiturnya banyak dan ukurannya besar kemungkinan harganya mahal.

Bagi seorang pengusahan makanan snack tentunya perlu memiliki mesin press plastik untuk menjalankan oprasional produksinya dalam hal pengemasan. Biasanya harga mesin press tak lagi di fikirkan oleh para pengusaha makanan asalkan mesin tersebut dapat menjalankan oprasional produksinya dengan baik maka tentunya biaya modal pembelian mesin press plastik akan kembali dengan sendirinya. Dengan produksi yang di jalankan terus-meneus dan dengan berbagai strategi bisnis yang membuat keuntungan yang maksimal setiap bulannya.

Kemasan dapat digolongkan berdasarkan beberapa hal antara lain:

pengemasan

Frekuensi Pemakaian

Kemasan Sekali Pakai (Disposable), yaitu kemasan yang langsung dibuang setelah satu kali pakai. Contohnya bungkus plastik es, bungkus permen, bungkus daun, karton dus, makanan kaleng.

Kemasan yang Dapat Dipakai Berulang Kali (Multi Trip), seperti beberapa jenis botol minuman (limun, bir) dan botol kecap. Wadah-wadah tersebut umumnya tidak dibuang oleh konsumen, akan tetapi dikembalikan lagi pada agen penjual untuk kemudian dimanfaatkan ulang oleh pabrik.

Kemasan yang Tidak Dibuang (Semi Disposable). Wadah-wadah ini biasanya digunakan untuk kepentingan lain di rumah konsumen setelah dipakai, misalnya kaleng biskuit, kaleng susu, dan berbagai jenis botol. Wadah-wadah tersebut digunakan untuk penyimpanan bumbu, kopi, gula, dan sebagainya.

Struktur Sistem Kemas Berdasarkan letak atau kedudukan suatu bahan kemas di dalam system kemasan keseluruhan dapat dibedakan atas :

Kemasan Primer, yaitu bahan kemas langsung mewadahi bahan pangan (kaleng susu, botol minuman, bungkus tempe)

Kemasan Sekunder, yaitu kemasan yang fungsi utamanya melindungi kelompok kemasan lainnya, seperti misalnya kotak karton untuk wadah kaleng susu, kotak kayu untuk wadah buah-buahan yang dibungkus, keranjang tempe, dan sebagainya.

Kemasan Tersier dan Kuartener, yaitu apabila masih diperlukan lagi pengemasan setelah kemasan primer, sekunder dan tersier. Umumnya digunakan sebagai pelindung selama pengangkutan.

Sifat Kekakuan Bahan Kemas

Kemasan fleksibel, yaitu bila bahan kemas mudah dilenturkan, misalnya plastik, kertas, foil.

Kemasan kaku, yaitu bila bahan kemas bersifat keras, kaku, tidak tahan lenturan, patah bila dipaksa dibengkokkan. Misalnya kayu, gelas, dan logam.

Kemasan semi kaku/semi fleksibel, yaitu bahan kemas yang memiliki sifat-sifat antara kemasan fleksibel dan kemasan kaku, seperti botol plastik (susu, kecap, saus) dan wadah bahan yang berbentuk pasta.

Sifat Perlindungan Terhadap Lingkungan

Kemasan Hermetis, yaitu wadah yang secara sempurna tidak dapat dilalui oleh gas, misalnya kaleng dan botol gelas.

Kemasan Tahan Cahaya, yaitu wadah yang tidak bersifat transparan, misalnya kemasan logam, kertas dan foil. Kemasan ini cocok untuk bahan pangan yang mengandung lemak dan vitamin yang tinggi, serta makanan yang difermentasi.

Kemasan Tahan Suhu Tinggi, jenis ini digunakan untuk bahan pangan yang memerlukan proses pemanasan, sterilisasi, atau pasteurisasi.

Tingkat Kesiapan pakai

Wadah Siap Pakai, yaitu bahan kemas yang siap untuk diisi dengan bentuk yang telah sempurna sejak keluar dari pabrik. Contohnya adalah wadah botol, wadah kaleng, dan sebagainya.

Wadah Siap Dirakit atau disebut juga wadah lipatan, yaitu kemasan yang masih memerlukan tahap perakitan sebelum pengisian, misalnya kaleng dalam bentuk lempengan dan silinder fleksibel, wadah yang terbuat dari kertas, foil atau plastik.

Demikian pembahasannya tentang mesin press plastik dan penggolongan kemasan dalam beberapa hal. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Share This Post