Tim kami akan dengan senang hati menjawab pertanyaan anda

Perawatan Mesin Vakum Frying Tipsnya Agar Awet

Perawatan Mesin Vakum Frying

Jika Anda memiliki mesin vakum frying, terutama untuk kebutuhan industri keripik, maka Anda wajib untuk melakukan perawatan mesin vakum frying pembersihan secara rutin. Pembersihan serta perawatan ini akan sangat berguna untuk menjaga mesin tetap bersih, awet, dan berguna dalam jangka panjang. Pembersihan disertai perawatan yang teratur, baik dan benar juga akan menambah panjang umur mesin. Terdapat dua macam perawatan mesin vacuum frying yaitu perawatan umum dan khusus. Perawatan umum meliputi cara penggunaan sehari-hari yang benar, sementara perawatan khusus biasanya dilakukan secara berkala tiap beberapa hari atau minggu tertentu. Biasanya, perawatan khusus ini juga telah dijadwalkan oleh produsen dari mesin tersebut.

perawatan mesin vakum frying

Pengoperasian yang benar termasuk ke dalam perawatan umum mesin vakum. Pastikan Anda mengoperasikan mesin sesuai dengan prosedur yang ada dalam buku manual atau petunjuk cara pemakaian. Selain itu, pastikan mesin tidak terpapar sinar matahari secara langsung untuk menghindari terjadinya kerusakan. Jika sudah selesai menggoreng menggunakan vacuum frying, langsung matikan gas serta listrik, kemudian tombol pompa diputar ke arah off, begitu pula dengan kompor dan pengendali suhu. Anda juga bisa melakukan pembersihan ringan pada mesin yang terkena tetesan minyak serta debu. Pembersihan ini terutama dilakukan jika mesin sudah terlampau kotor sampai kinerjanya tak lagi sebagus dulu. Usahakan untuk menguras bak sirkulasi minimal sekali dalam enam bulan.

Yang termasuk dalam perawatan rutin antara lain adalah pembersihan total perangkat mesin. Pemakaian normal mesin ini adalah enam sampai delapan kali menggoreng dalam sehari. Jika sudah melewati batas tersebut, keluarkanlah minyak lalu bersihkan tabung dengan menggunakan air hangat sampai panas. Usahakan untuk menyikat bagian tabung dengan sikat cucian supaya karatnya menghilang. Pembersihan ini wajib dilakukan dua sampai tiga hari sekali. Kemudian, pastikan pula air yang terdapat dalam bak sirkulasi dibersihkan supaya tidak ada kotoran yang menyumbat jet serta sudut pompa. Jangan lupa pula untuk membersihkan bagian luar serta dalam tabung mesin vakum. Lakukan pembersihan ini secara rutin untuk menjaga kinerja mesin agar tetap baik dan tidak cepat rusak. Jangan menunggu sampai kotoran menumpuk baru membersihkannya.

Mesin ini bekerja dengan cara dihubungkan ke listrik. Sehingga apabila dalam proses penggorengan tiba-tiba listrik padam, jangan keburu panik. Segera matikan semua panel yang ada. Putar seratus delapan puluh derajat engkol yang ada di keranjang pengaduk. Kuncilah dudukan penguncinya lalu jangan membuka keran vakum. Kemudian, apabila ada bahan yang belum diproses namun sudah terlebih dahulu dikupas serta dipotong, ada baiknya apabila bahan tersebut dimasukkan ke dalam plastik dan disimpan di dalam freezer. Hal ini penting untuk menjaga kesegaran bahan supaya tidak lekas rusak sebelum sempat digoreng di mesin vakum frying.

 

Tag: mesin vakum

Share This Post