Oven Pengering

Oven Pengering atau Mesin Oven Pengering adalah mesin yang digunakan untuk mengeringkan produk makanan dan pertanian. Oven pengering tersebut berfungsi mengeringkan produk sebagai pengganti sinar matahari dalam mengeringkan produk.

Produk yang biasa dikeringkan biasanya seperti: kerupuk, kemiri, ikan, selai pisang, makanan ringan, produk herbal. Serta produk apapun yang bisa ditaruh di rak oven untuk dikeringkan.

 

Cara kerja mesin oven pengering ini adalah mengeringkan produk pada suhu yang dikehendaki (suhu bisa diatur secara konstant).

 

Tipe Mesin Oven Pengering

Setelah mengetahui keunggulannya, Anda pasti penasaran kan berapa sih harga mesin oven pengiring ini? Apa masih bisa dijangkau oleh skala bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM)? Jawabannya, ya! Harga yang kami tawarkan cukup terjangkau dan sangat bersahabat di kantong para pelaku Usaha Kecil dan Menengah.

 

Ada enam jenis mesin oven pengering dengan spesifikasi berbeda yang bisa Anda pilih. Mesin tipe OVG-4 merupakan alat pengering otomatis yang memiliki kapasitas paling kecil, yaitu empat baris rak. Ada juga yang memiliki kapasitas tampung hingga enam puluh rak dengan dimensi yang lebih besar 360x57x75 cm, yaitu OVG-60.  Pilihlah sesuai dengan skala usaha yang dijalankan dan kemampuan Anda untuk membeli produk tersebut.

Type Kapasitas Voltage Dimensi
OVG-4 4 rak 150 W/220V 70 x 55 x 104
OVG-6 6 rak 150 W/220V 70 x 55 x 125
OVG-12 12 rak 150 W/220V 70 x 55 x 180
OVG-20 20 rak 150 W/220V 122 x 57 x 175
OVG-40 40 rak 300 W/220V 240 x 57 x 175
OVG-60 60 rak 450 W/220V 360 x 57 x 175

Fitur Mesin Oven Pengering

  • Material stainless steel – tidak mudah rusak dan tahan lama. Material terbaik dan berkualitas yang mudah dibersihkan, tahan karat, kuat, dan kokoh. Mesin ini juga memiliki ketabalan plat sebesar 2mm.
  • Kontrol suhu otomatis – mampu mengatur suhu secara konstan sesuai yang diinginkan, sehingga tidak perlu khawatir produk gosong yang disebabkan overheat. Mesin akan mengatur suhu panas pada mesin secara otomatis.
  • Terdapat aplikasi roda – memudahkan dan meringankan tugas Anda saat akan memindahkan mesin tersebut ke tempat lain. Saat ingin mengubah posisi penyimpanan, Anda cukup mendorong mesin tersebut, tidak perlu diangkat. Praktis, mudah dan simpel bukan?
  • Free kompor LPG – selain menggunakan daya listrik, mesin ini juga dioperasikan dengan menggunakan gas. Jika membeli mesin ini, Anda akan mendapatkan kompor LPG secara cuma-cuma, alias gratis.

 

Cara Merawat dan Membersihkan Mesin Oven Pengering

Agar mesin oven pengering bisa berfungsi dengan maksimal dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, penting bagi Anda untuk memperhatikan perawatan dan kebersihannya. Simak caranya di bawah ini:

 

  • Kosongkan mesin – saat akan membersihkan mesin oven pengering, pastikan dalam keadaan kosong, tidak ada bahan makanan atau produk lain yang tersimpan di dalamnya. Keluarkan semua rak atau loyang berbentuk segi empat untuk memudahkan Anda saat akan membersihkan bagian dalam dan bodi mesin.
  • Bersihkan rak – setelah semua rak dikeluarkan kemudian bersihkan dengan menggunakan sikat atau kuas halus untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang tersangkut pada rak. Bersihkan dengan sabun dan bilas dengan air bersih. Setelah itu, tiriskan atau keringkan menggunakan lap. Kemudian simpan di tempat yang aman.
  • Bersihkan oven – untuk oven hindari penggunaan air karena dapat merusak bagian dalam mesin. Anda cukup membersihkannya dengan menggunakan lap dan sapu untuk membuang sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam oven.
  • Cek secara berkala – agar mesin dapat berfungsi dengan baik, penting bagi Anda untuk mengecek saluran gas dan kabel listrik secara berkala guna memastikan keamanan saat mesin tersebut digunakan. Pastikan aliran gas lancar, tidak bocor. Jangan lupa juga untuk mengecek bagian kabel listrik mesin tidak ada yang robek.

 

Mesin oven pengering ini memiliki temperature kontrol yang dapat Anda atur sendiri. Semakin kecil suhu yang diatur, maka produk yang dikeringkan memberikan hasil matang merata dan bagus. Dapat kita ambil contoh, penggunaan suhu 100o C memang akan menghasilkan produk lebih cepat kering. Namun, kering yang dimaksud hanya pada satu sisi saja. Untuk meminimalisir hal tersebut, gunakanlah suhu 60o C untuk mendapatkan hasil yang matang namun merata. Pemilihan suhu kecil tersebut memang membutuhkan waktu proses yang lebih lama. Meskipun demikian, produk yang dikeringkan pun memberikan hasil yang merata.

Chat with us on WhatsApp